VUCA dan Database

 Assalamulaikum.

Kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan tugas APSI yang ke.2 terkait VUCA dan aplikasi database. Semoga dapat membantu teman- teman yang membaca blog saya. Mohon maaf jika banyak kesalahan dalam menulis. 
Terimakasih

Nama : Syahlla Nahdah Agustina

Npm : 4418210025


APA ITU VUCA?

Secara umum, VUCA berkaitan dengan cara orang melihat kondisi saat membuat keputusan, merencanakan, mengelola risiko, mendorong perubahan, dan memecahkan masalah. Oleh karena itu, VUCA dinilai dapat mendorong kapasitas sebuah perusahaan dalam menghadapi perubahan dinamis di dunia bisnis, terutama pada era transformasi digital seperti saat ini.

Melalui VUCA, sebuah perusahaan akan memiliki kapasitas untuk mengantisipasi isu yang membentuk kondisi, memahami konsekuensi masalah dan tindakan, menghargai kebersalingbergantungan variabel,  mempersiapkan diri menghadapi realitas dan tantangan alternatif, dan mengidentifikasi dan memahami peluang yang relevan.

Cara Mengatasi VUCA :

Perusahaan harus mengatasi masalah VUCA secara terpisah. Untuk mengatasi 

1. Volatility, perusahaan dapat menimbun sumber daya. Volatility memiliki kekuatan yang memicu katalisasi (proses mempercepat perubahan). 

2. Uncertainity dapat dihadapi dengan mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, dan menyebarkan informasi. Salah satu solusinya adalah memanfaatkan teknologi Big Data.

3. Complexity atau masalah berkepanjangan yang dihadapi sebuah perusahaan. Perusahaan diharuskan untuk mengatasi kompleksitas tersebut dengan menghubungkan titik-titik masalahnya.

 4. Ambiguity, kekaburan realitas yang dapat memicu kesalahpahaman dalam berbagai kondisi. Risiko yang akan dihadapi perusahaan karena adanya ambiguitas,

Melalui VUCA, sebuah perusahaan akan memiliki kapasitas untuk

1.      Mengantisipasi isu yang membentuk kondisi.

2.      Memahami konsekuensi masalah dan tindakan.

3.      Menghargai kebersalingbergantungan variable.

4.      Mempersiapkan diri menghadapi realitas dan tantangan alternatif, dan

5.      Mengidentifikasi dan memahami peluang yang relevan.


2. List Database Aplikasi

A.  MySQL

MySQL adalah sistem manajemen database relasional open source (RDBMS) dengan client-server model. Sedangkan RDBMS merupakan software untuk membuat dan mengelola database berdasarkan pada model relasional.

Sebelum dibahas lebih lanjut, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejarah singkat MySQL. MySQL dibaca MY-ES-KYOO-EL [maɪˌɛsˌkjuːˈɛl]. Beberapa orang bahkan membaca MySQL seperti sedang menyebutkan “my sequel”. MySQL AB, sebuah perusahaan asal Swedia, menjadi yang pertama dalam mengembangkan MySQL di tahun 1994. Hak kepemilikan MySQL kemudian diambil secara menyeluruh oleh perusahaan teknologi Amerika Serikat, Sun Microsystems, ketika mereka membeli MySQL AB pada tahun 2008. Di tahun 2010, Oracle yang adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat mengakuisisi Sun Microsystems. Semenjak itulah, MySQL sepenuhnya dimiliki oleh Oracle.

B.  MariaDB

Merupakan sebuah aplikasi yang dikembagkan oleh sistem basis data yang sama dengan aplikasi MySQL. Mereka menyebutkan alasan mengapa mengembangkan aplikasi ini karena sebagai bentuk kekhawatiran pada Oracle Corporation. Adapun tujuan dikembangkannya MariaDB adalah mempertahankan dan menjaga kompatibilitas tinggi terhadap MySQL. MariaDB merupakan manajemen basis data relasional yang dikembangkan dari kode sumber MySQL. MariaDB lahir dikarenakan kekecewaan pengembang terhadap kualitas dan perkembangan dari MySQL yang tidak begitu baik semenjak diakuisisi oleh Sun pada 2008 yang diakuisisi oleh Oracle pada 2009


Kesamaan MariaDB dan MySQL

MariaDB merupakan pengembangan dari MySQL yang kompatibel satu sama lainnya. Port, socket, dan API klien yang digunakan kompatibel satu sama lain. Selain itu, sintaks keduanya sama-sama menggunakan SQL. Jadi, tidak perlu khawatir saat akan bermigrasi dari MySQL ke MariaDB. MariaDB dikembangkan dari kode sumber MySQL yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh komunitas pengembang maupun pengembang enterprise. Sehingga, MariaDB menawarkan performansi yang lebih unggul dari MySQL dan juga sedikitnya bug yang ada pada MariaDB.


C.  Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah salah satu software jenis Relational Database Management System (RDBMS) yang cukup sering digunakan. Sesuai namanya, software ini dikembangkan oleh perusahaan besar Microsoft dan cukup scalable. Maksudnya adalah untuk pemakaiannya Microsoft SQL Server bisa dimana – mana dari laptop manapun, ke jaringan server cloud dan lain – lain. Namun istilah scalable ini tetap saja harus memperhatikan persyaratan hardware maupun software. Sejak rilis pertama kali pada tahun 1989, Microsoft SQL Server sudah menjadi pilihan dari para pengguna database dan hingga saat ini masih banyak dipakai. Perkembangannya pun cukup menjanjikan mulai dari versi SQL Server 1.0 yang pertama dirilis dan hingga saat ini. Fungsinya pun sekarang tidak hanya sebagai RDBMS (Relational Database Management System) saja tapi bisa lebih dari itu, termasuk alat built-in intelijen bisnis, serta bisa juga digunakan sebagai analisis dan pelaporan.

D.  Oracle Database

Oracle adalah sebuah Database Management System (DBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi yang dapat memanipulasi database.

Oracle server menyediakan solusi yang efesien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut :

·         Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)

·         Menangani manajemen space dan basis data yang besar

·         Mendukung akses data secara simultan

·         Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi

·         Menjamin ketersediaan yang terkontrol

·         Lingkungan yang terreplikasi


E.  Postgre SQL

PostgreSQL

Aplikasi database selanjutnya adalah PostgreSQL. atau yang lebih sering dikenal dengan nama PostgreSQL. Aplikasi ini merupakan aplikasi basis data yang bersifat data relasional sehingga bisa digunakan untuk menyimpan hingga mengembalikan data dengan aman. Aplikasi ini sendiri mampu merespon perintah dari perangkat lunak atau aplikasi yang lain.

Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan lebih ringan, meskipun digunakan oleh banyak pengguna. Perlu diketahui juga bahwa pengguna yang mempunyai macOS Server, aplikasi PostgreSQL adalah database default. Hal ini berarti aplikasi basis data yang satu ini memang sudah terinstall dan bawaan dari OS tersebut

F.  SQLite

Aplikasi database lainnya adalah SQLite. Aplikasi yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mempunyai data yang terstruktur. Anda bahkan bisa memanfaatkannya sebagai caching serta menyediakan data dari cloud. Bagi Anda yang juga suka dengan data dalam bentuk kolom dan baris maka gunakan saja aplikasi yang satu ini.

G.  DBeaver

Merupakan sebuah aplikasi yang mempunyai mode graphical atau GUI. Anda pun bisa mendapatkan versi Community Edition ataupun versi yang berbayar. Adapun beberapa fitur menarik yang disediakan adalah dukungan banyaknya platform serta kemampuan menulis berbagai file ekstensi (plugins).

H.  MongoDB

Aplikasi basis data yang satu ini memiliki cara kerja yang berorientasi pada open source serta cross platform. Tak hanya itu, aplikasi ini juga digolongkan sebagai aplikasi dengan basis data NoSQL sehingga cara kerjanya pun memakai prinsip yang hampir sama dengan JSON (aplikasi database lain).

I.  Apache Cassandra


3. Pengertian Al dan penerapannya dalam sistem informasi

Analisis sistem ialah penjabaran dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya dengan maksud agar bisa mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan yang timbul pada sistem sehingga nantinya bisa dilakukan penanggulangan, perbaikan dan juga pengembangan.

Tugas Teknis dari Sistem Analis

1. Mempersiapkan gambaran kerja di dalam sistem yang baru.

2. Melaksanakan penyusunan prosedur untuk pengawasan kerja.

3. Melaksanakan penyusunan Data Flow Diagram (DFD), Structured Analysis and Design Technique (SADT) dan FlowChart untuk melaksanakan perancangan pada sistem yang baru dengan lebih mendetail.

4. Melaksanakan perancangan pola penagawan pada data yang bersifat sangat pentig.

5. Melaksanakan penyusunan terhadap dokumen dan juga berbagai file agar bisa dipakai pada komputer supaya sistem yang baru dibuat bisa berjalan dengan efektif dan lancar.

6. Melaksanakan perancangan pada bentuk input maupun outputnya agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengguna.

7. Melaksanakan penyusunan dokumentasi yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang dilakukan oleh sistem analis dalam merancang suatu sistem yang baru.


Nama perusahaan yang kelompok 1 akan gunakan adalah Mc Donald's

Komentar